fbpx

Berhasil Kalahkan Mourinho, Inilah Rahasia Lampard

BERITA BOLA – Manajer Chelsea, Frank Lampard menyiapkan sejumlah kejutan ketika Chelsea menjamu Tottenham pada laga lanjutan Premier League pekan ke-27, Sabtu (22/2/2020). Kejutan itu berbuah manis, The Blues berhasil memetik kemangan tipis dengan skor 2-1.

Melawan Mourinho, Lampard tahu harus melakukan sesuatu. Dia mengerti apa yang bisa dilakukan Jose Mourinho, meski ternyata Tottenham harus memanikan sepakbola negatif.

Bagaimanapun, taktik Lampard terbukti jitu. Mulai dari perubahan formasi jadi 3-4-2-1, memainkan Olivier Giroud dan Marcos Alonso, hingga menurunkan duet Ross Barkley dan Mason Mount untuk menyokong Giroud.

Melihat Giruod sebagai starter jelas mengejutkan, Mourinho mungkin tidak menduganya. Adanya Giroud do lapangan jelas mengubah gaya bermain Chelsea, yang lebih berani memainkan bola-bola atas.

“Ketika Oli bermain, Anda harus memanfaatkan kekuatannya. Anda harus mengalirkan bola ke kotak penalti, Anda harus menggunakan dia untuk memancing pemain-pemain lawan,” kata Lampard.

“Jika kami berhasil sedikit beradaptasi untuk pertandingan semacam itu, artinya kami saya dan para pemain  berhasil melewati ujian.”

Baca juga: Barcelona dan Chelsea Berebut Dapatkan Andre Onana dari Ajax

Tentang gaya bermain 3-4-2-1, Lampard mengaku tidak benar-benar berperan. Gaya bermain itu bisa berhasil kerana perjuangan para pemain, bukan karena dia.

“Taktik bisa berjalan baik hanya jika para pemain tahu cara memainkannya. Taktik itu hanya bisa berjalan jika Ross dan Mason mau terus bergerak di sekitar Oli juga mengancam dari lini kedua,” lanjutnya.

“Tatik itu hanya bisa bekerja jika tiga bek hari ini tidak diam di belakang dan membiarkan pemain lawan mendapatkan bola.”

“Kami memang sudah melatihnya, tapi para pemainlah yang berjuang dan mewujudkannya,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *