fbpx

Bermain Sebagai Bek, Trent Alexander Hanya Menyia-nyiakan Bakatnya

OLESPORT – Mantan Gelandang Liverpool, Danny Murphy merasa Trent Alexander-Arnold lebih cocok dimainkan pada posisi lini tengah dibandingkan sebgai bek. Trent pindah ke Liverpool pada tahun 2016 lalu. Pada saat itu ia tidak langsung menjadi pemain utama pilihan Jurgen Klopp karena masih ada Nathaniel Clyne.

Pada musim 17/18, Clyne mengalami cidera punggung, akibatnya Klopp terpaksa merotasi Trent dan Joe Gomez di posisi bek kanan. Akhirnya posisi bek kanan dipercayakan kepada Trent dan juga Gomez berada di posisi bek tengah mendampingi Virgil Van Dijk.

Penampilan Trent makin mantap dengan berjalannya waktu. Alhasil, Liverpool memberanikan diri menjual Clyne ke klub lain pada bursa musim panas tahun lalu. Kepercayaan Klopp tidak disia-siakan oleh Trent demgan bermain sangat baik dan juga dapat menyumbangkan banyak assist.

Di Liverpool, Trent Alexander menjadi pilihan utama, tetapi berbeda di Timnas inggris. Pasalnya, Gareth Southgate tampaknya masih mempercayakan Kyle Walker. Pada laga lawan Swiss kemarin Southgate mempercayakan Trent untuk bermain dalam perebutan tempat ketiga UEFA National League.

Bek berusia 20 tahun itu tampil apik dengan mengirimkan assist-assist yang jitu. Tak kurang dari enam peluang berhasil diciptakannya kala itu. Murphy begitu terkesan dengan kemampuan mengumpan Trent. Ia pun berharap Southgate lebih sering memainkannya.

[Baca Juga: Lukaku Minta Maaf Setelah Mencetak Gol Ke Gawang Skotlandia]

“Trent menjadi ancaman nyata. Umpan silangnya sangat bagus secara konsisten, itu adalah sebuah senjata. Ia secara konsisten menempatkan bola di area yang sangat berbahaya,” ujarnya pada talkSPORT.

“Pada saat ini dengan kurangnya kreativitas [Inggris] kami di lini tengah, saya pikir kami harus memainkan pemain ini di tim secara terus-menerus,” serunya.

“Saya tidak mengatakan kita harus mengandalkan anak berusia 20 tahun, tetapi ketika ia fit, ketika ia terbang dan ia percaya diri, ia harus bermain,” tegasnya.

Murphy kemudian beranggapan bahwa trent menyia-nyiakan bakat besarnya jika bermain di lini belakang. Menurutnya Trent lebih baik bermain di lini tengah.

“Kami tampil dengan sangat baik di Piala Dunia ketika Gareth Southgate terus bermain dengan tiga bek di belakang, tapi sekarang ia berubah menjadi empat bek dan ia mungkin punya alasannya,” ujarnya.

“Tetapi jika Anda bermain empat defender dengan skuat Inggris, Anda justru sedikit membatasi permainan Trent,” sambung Murphy.

“Jadi, bagaimana Anda bisa mengeluarkan kemampuan terbaiknya? Saya pikir itu adalah dengan sedikit menempatkannya lebih ke atas dan memberinya kebebasan itu,” cetusnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *