fbpx

Big Match Perempat Final EURO 2020 Belgia vs Italia : Duel Sengit Dua Tim Nyaris Sempurna

Prediksi Bola – Timnas Belgia berhadapan dengan Italia pada laga perempat final Euro 2020 yang digelar pada Sabtu (3/7/2021) dini hari WIB. Laga ini akan digelar di Allianz Arena, Munchen, untuk membidik satu dari empat tiket semifinal.

Belgia sejauh ini masih sempurna di Euro 2020. Jika menghitung sejak fase kualifikasi, Belgia selalu meraih kemenangan dalam 14 laga yang mereka jalani hingga 16 besar Euro 2020. Tentunya peforma ini tidak bisa dianggap remeh.

Pada babak 16 besar, juara Grup B ini sukses menyingkirkan juara bertahan Euro, Portugal. Belgia lolos ke perempat final setelah menang dengan skor tipis 1-0 lewat gol Thorgan Hazard. Kemenangan tipis tersebut cukup membuat Belgia lolos ke babak selanjutnya.

Sayang, kemenangan atas Portugal harus dibayar mahal. Belgia harus kehilangan Kevin De Bruyne dan Eden Hazard. Keduanya diragukan bisa tampil menghadapi Italia di perempat final Euro 2020.

Sementara itu, Italia juga tidak kalah mengesankan ketimbang Belgia. Gli Azzurri juga tercatat meraih kemenangan sempurna dalam 14 pertandingan sejak fase kualifikasi hingga 16 besar Euro 2020. Bahkan tim asuhan Roberto Mancini mampu mencetak 46 gol dan hanya kebobolan lima gol.

Pada babak 16 besar Euro 2020, dengan statusnya sebagai juara Grup A, Italia melangkah ke perempat final setelah menang 2-1 atas Austria lewat extra time. Italia menang melalui gol-gol yang dicetak Federico Chiesa dan Matteo Pessina.

Ada dua pemain Belgia yang saat ini bermain di Italia, yaitu Romelu Lukaku dan Dries Mertens. Mereka tentu sudah memahami kelebihan dan kekurangan bek-bek Italia, begitu pun sebaliknya. Belgia dan Italia terakhir kali bertemu di fase grup Euro 2016. Belgia kalah 0-2 karena gol Emanuele Giaccherini pada menit ke-32 dan Graziano Pelle pada menit ke-90+3.

Sebelum itu, Belgia dan Italia berjumpa di perempat final Euro 2000. Pertandingan itu juga dimenangi oleh Italia dengan skor 2-0. Ketika itu Italia menang lewat gol Francesco Totti pada menit keenam dan Stefano Fiore pada menit ke-66.

Baca Juga :

Kali ini Belgia dan Italia berjumpa di perempat final Euro 2020. Melihat performa kedua tim yang saat ini sama-sama sulit dikalahkan, bukan tidak mungkin duel tersebut bisa berlangsung panjang, termasuk berpotensi dibawa hingga extra time dan drama adu penalti.

Data Statistik dan Peforma Belgia vs Italia

Belgia memenangi 23 dari 27 laga terakhirnya (seri 3 kali, kalah 1). Mereka tak terkalahkan dalam 13 laga terakhirnya, menang 11 kali.

Italia selalu menang dalam 12 laga terakhirnya dan tak terkalahkan dala 31 pertandingan. Mereka mencatatkan 11 clean sheet dan cuma kebobolan total 1 gol dalam 12 laga terakhirnya.

Dari 7 gol Belgia di Grup B dicetak oleh Romelu Lukaku (3), Kevin De Bruyne, Thomas Meunier, dan Thorgan Hazard, sedangkan 1 gol lainnya didapatkan lewat bunuh diri pemain Finlandia. Gol di babak 16 besar dicetak Thorgan Hazard.

Ciro Immobile, Manuel Locatelli, dan Matteo Pessina masing-masing mencetak 2 gol untuk Italia. Sedangkan Lorenzo Insigne dan Federico Chiesa menyumbang satu gol.

Kedua tim sama-sama memiliki deretan pemain hebat. Keduanya juga selalu menang dalam 14 pertandingan terakhirnya. Jadi bisa dilihat, di atas kertas kekuatan mereka adalah imbang. Peluang keduanya untuk menang sama besarnya.

Nantinya detail kecil dalam pertandingan, juga respons pemain dan pelatih atas situasi, yang akan jadi penentu. Peluang laga berakhir imbang dan berlanjut adu penalti juga cukup besar. Karena kedua tim mempunyai peforma yang sangat bagus.

Perkiraan Susunan Pemain Belgia vs Italia

Belgia (3-4-2-1): Courtois; Vertonghen, Vermaelen, Alderweireld; Thorgan Hazard, Witsel, Tielemans, Meunier; Carrasco, Mertens; Lukaku.

Pelatih: Roberto Martinez.

Italia (4-3-3): Donnarumma; Spinazzola, Chiellini, Bonucci, Di Lorenzo; Barella, Jorginho, Verratti; Insigne, Immobile, Chiesa.

Pelatih: Roberto Mancini.

Head-to-Head Belgia vs Italia

  • Pertemuan: 22
  • Belgia menang: 4
  • Gol Belgia: 24
  • Imbang: 4
  • Italia menang: 14
  • Gol Italia: 43.

5 Pertemuan Terakhir Belgia vs Italia

14-06-2016 Belgia 0-2 Italia (Euro)

14-11-2015 Belgia 3-1 Italia (Friendly)

31-05-2008 Italia 3-1 Belgia (Friendly)

15-06-2000 Italia 2-0 Belgia (Euro)

13-11-1999 Italia 2-2 Belgia (Friendly)

Prediksi Skor Belgia vs Italia

Belgia 1-1 Italia

Belgia 2-1 Italia

Belgia 1-2 Italia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *