fbpx

Cabut Sanksi Manchester City, UEFA Bakal Dapat Tekanan Hebat

Berita Bola UEFA bisa berada dalam tekanan hebat dari publik untuk meninjau regulasi Financial Fair Play (FFP) mereka setelah Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) membatalkan sanksi larangan dua tahun berlaga di Eropa milik Manchester City, menurut pengacara olahraga Rob Jones.

Sanksi berupa larangan dua tahun berlaga di Eropa dan denda €30 juta, diumumkan UEFA pada Februari lalu setelah City dinyatakan bersalah atas pelanggaran FFP antara 2012 dan 2016.

UEFA meluncurkan investigasi waktu itu hanya berdasarkan serangkaian artikel yang dirilis oleh Der Spiegel pada November 2018, yang menuding klub Liga Primer Inggris memanipulasi laporan finansial mereka.

UEFA meluncurkan investigasi waktu itu hanya berdasarkan serangkaian artikel yang dirilis oleh Der Spiegel pada November 2018, yang menuding klub Liga Primer Inggris memanipulasi laporan finansial mereka.

Baca Juga : Antonio Conte Minta Inter Milan Boyong N’Golo Kante Musim Depan

City pun mengajukan naik banding ke CAS, yang akhirnya mengeluarkan keputusan memihak mereka pada Senin (13/7/2020) kemarin. Selain membatalkan sanksi, denda kepada City juga dikurangi hanya menjadi sebesar €10 juta karena dinilai gagal kooperatif dengan UEFA.

Menurut Robert Jones, pengacara olah raga dari The Sports Consultancy Legal, menilai UEFA akan berada dalam tekanan publik untuk melakukan review atas peraturan Financial Fair Play (FFP) dan bagaimana prosedur peraturan itu dijalankan.

“Jika dirinci dalam keputusan final bahwa ada penyimpangan prosedural dan perilaku yang bertanggung jawab atas UEFA yang memiliki dampak berarti pada keputusan yang dibuat oleh CAS, maka UEFA akan berada di bawah tekanan hebat untuk melakukan reformasi prosedurnya,” ungkap Jones dikutip dari Stats Perform News.

“Namun keputusan akhir mungkin mencerminkan beberapa masalah prosedural yang mungkin perlu diatasi UEFA dan jika itu yang terjadi maka mereka akan berada di bawah tekanan hebat,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *