fbpx

FIFA Bakal Terapkan Seragam VAR Pada Seluruh Liga Sepak Bola Dunia

Berita Bola FIFA ingin menyeragamkan penerapan VAR di semua kompetisi sepak bola di seluruh dunia, setelah mereka mengambil alih tanggung jawab langsung atas sistem tersebut. Badan penyusun aturan sepak bola, IFAB, baru-baru ini mengajukan kekhawatiran terkait penerapan VAR dalam dua tahun terakhir percobaan implementasi teknologi tersebut.

Kini, FIFA mengambil alih peran membantu operator-operator berbagai kompetisi terkait penerapan VAR semenjak 1 Juli. Langkah itu menurut Ketua Komite Wasit FIFA, Pierluigi Colina, sebagai sebuah transisi natural.

Bersamaan dengan itu pula, organisasi sepak bola dunia itu ingin menyeragamkan penerapan VAR di seluruh kompetisi sepak bola dunia.

Sebagaimana diketahui VAR (Video Assistant Referee) adalah asisten wasit sepak bola yang bertugas meninjau keputusan wasit kepala dengan melihat rekaman video instan.

Baca Juga : Ingin Rekrut N’Golo Kante, Real Madrid Harus Bayar 80 Juta Pounds

VAR belum menjadi bagian dari Laws of the Game, tetapi penggunaannya telah diuji coba oleh International Football Association Board (IFAB) di beberapa turnamen.

Selama ini, ada sejumlah variasi penerapan VAR di berbagai kompetisi dan liga-liga domestik, tetapi menurut Colina seharusnya ada penerapan yang seragam.

“Sudah menjadi tanggung jawab FIFA juga untuk memastikan aturan sepak bola diterapkan secara sama di seluruh dunia, tidak boleh ada perbedaan di tiap-tiap benua atau negara,” ungkap Colina.

“Bisa Anda bayangkan jika kompetisi internasional dimainkan oleh tim-tim yang punya pemaknaan berbeda terkait aturan sepak bola di kompetisi domestik mereka? Maka menerapkan VAR secara seragam di seluruh dunia adalah keharusan,” tambahnya.

Dengan demikian, Colina juga mendukung keputusan FIFA untuk menerapkan VAR secara seragam di seluruh kompetisi sepak bola dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *