fbpx

Gimana Jadinya Liverpool Tanpa Allison Dan Van Dijk ?

Berita BolaLiverpool kehilangan Alisson Becker dan Virgil van Dijk karena cedera. Statistik menunjukkan The Reds jauh lebih rapuh dengan ketidakhadirannya.

Alisson mengalami cedera pertama kali pada awal Oktober 2020. Kiper asal Brasil itu mengalami cedera bahu saat latihan sebelum pertandingan melawan Aston Villa di Liga Inggris, dan harus absen selama empat hingga enam pekan.

Sementara itu, Van Dijk mengalami cedera lutut akibat pukulan Jordan Pickford di Derby Merseyside akhir pekan lalu. Pemain Belanda itu harus dioperasi dan diperkirakan tidak akan bermain hingga akhir musim.

Absennya Alisson dan Van Dijk jelas merupakan kerugian besar bagi Liverpool. Keduanya merupakan sosok vital bagi Juergen Klopp yang selalu mengandalkan pertahanan mereka sejak 2018.

Livescore menawarkan perbandingan antara Liverpool yang memainkan Alisson Becker dan Virgil van Dijk, dengan waktu sebelum Klopp membeli keduanya. Alhasil, pertahanan klub Merseyside semakin meningkat berkat kehadiran Alisson-Van Dijk.

Liverpool telah mendaftarkan 70 pertandingan liga dengan Alisson dan Van Dijk sebagai starter. Hasilnya, mereka menang 56 kali, seri 10 kali, kalah empat kali, dan memiliki tingkat kemenangan hingga 80 persen.

Ini jauh dari waktu ketika Liverpool asuhan Klopp tidak memperkenalkan Alisson-Van Dijk. Saat itu, The Reds tampil 92 kali dengan catatan 49 kemenangan, 27 seri, dan 16 kekalahan. Tingkat kemenangannya juga turun menjadi 53,3 persen.

Baca Juga : Van Dijk Alami Cedera Ancam Peluang Juara The Reds

Kehadiran Alisson-Van Dijk juga memberikan rasa aman di barisan belakang Liverpool. Saat sama-sama tampil, juara bertahan Liga Inggris itu hanya kebobolan 0,7 per game, apalagi saat keduanya tidak bertanding (1,2 per game).

Tak hanya itu, Liverpool juga mengambil lebih sedikit tembakan dari lawan selama Alisson-Van Dijk, yaitu 8,3 kali per pertandingan. Angka itu jelas meningkat dibanding era sebelum keduanya tampil bersama (8,8 kali per laga).

Melihat statistik tersebut, para suporter Liverpool tentu prihatin dengan garis bawah tim mereka tanpa Alisson Becker dan Virgil van Dijk. Bukan tidak mungkin, The Reds bisa lebih mudah ditembus lawan di setiap laga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *