fbpx

Hasil Pertandingan Portugal vs Belgia : Sang Juara Bertahan Angkat Koper Lebih Dulu

Berita BolaBelgia menundukkan Portugal dengan skor tipis 1-0 dalam duel babak 16 besar Euro 2020, Senin (28/6/2021) dini hari WIB. Gol tunggal Portugal datang dari aksi Thorgan Hazard di menit ke-42. Kedua tim bermain cukup seimbang, tapi kali ini Portugal harus mengakui kekuatan lawan.

Kemenangan ini melengkapi laju apik Belgia dengan total empat kemenangan sejak awal turnamen. Mereka akan terbang ke Jerman untuk berduel dengan Italia di babak perempat final. Sementara itu, Portugal sang juara bertahan harus rela pulang lebih cepat.

Portugal tampil agresif di awal babak pertama. Diogo Jota mendapatkan peluang di menit ke-6 setelah melepaskan tembakan. Akan tetapi masih melebar ke sisi tiang kanan gawang. Belum ada peluang berbahaya hingga menit ke-20. Kedua tim masih bergantian menjajal kekuatan satu sama lain, tempo pertandingan masih cukup cepat.

Setelah itu Portugal kembali mendapatkan peluang di menit ke-25. Cristiano Ronaldo yang berdiri di titik tendangan bebas mengeksekusi umpan yang diperolehnya. Namun tembakan itu berhasil dimentahkan oleh Thibaut Courtois.

Tak mau tinggal diam, Belgia berusaha menembus lini pertahanan lawan. Menit ke-37, Meunier mengancam gawang Patricio usai bekerja sama dengan De Bruyne. Sayang sepakannya masih terlalu lemah.

Memasuki menit ke-42, Thorgan Hazard membuat para suporter bersorak setelah menyarangkan gol ke gawang Portugal. Hazard menerima operan dan memutuskan untuk menembak dari jarak 22 meter.

Baca Juga : Prediksi Pertandingan EURO 2020 Kroasia vs Spanyol : Tim Matador Temukan Momentum

Tembakan sempurna itu langsung bersarang di sisi kanan gawang. Skor 1-0 bertahan hingga akhir babak pertama, Belgia untuk sementara unggul atas Portugal di babak 16 besar Euro 2020.

Memasuki babak kedua, Portugal berusaha mengejar ketertinggalan. Di menit ke-58, Diogo Jota mendapat kesempatan bagus. Ia menerima operan akurat di dalam kotak penalti. Namun, setelah dilepaskan menjadi tembakan ternyata melenceng tipis ke atas gawang.

Menit ke-61, Portugal mengepung pertahanan Belgia dalam situasi bola mati. Felix berhasil melepas tembakan, tapi tembakannya mudah dihentikan Courtois. Menit ke-70, Portugal membuat sejumlah pergantian pemain untuk mencoba memecah pertahanan Belgia. Sayangnya tidak banyak perubahan, Ronaldo masih sulit mendapatkan suplai bola.

Memasuki 10 menit akhir, Belgia mengubah permainan mereka jadi sangat defensif. Belgia tampak semakin nyaman memainkan bola di wilayah sendiri. Menit ke-83, Guerreiro mendapatkan peluang terbaik Portugal. Sepakannya keras dari sisi kanan, sayangnya masih membentur tiang.

Skor 1-0 bertahan hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan. Dengan demikian, Belgia berhasil menang atas Portugal dan otomatis melenggang ke babak perempat final Euro 2020. Portugal si juara bertahan Euro harus angkat koper lebih cepat.

Sungguh sangat disayangkan bagi timnas Portugal untuk tidak bisa melanjutkan turnamen EURO ini karena tersingkir lebih cepat. Pada dasarnya jalannya pertandingan, banyak peluang yang telah dihasilkan oleh Portugal, yakni total 26 tembakan telah dilesakkan.

Akan tetapi, Courtois berjibaku untuk memulangkan Portugal lebih cepat. Hal ini tentu membuat publik Portugal dan para pelatih kecewa dan sedih. Kekalahan Portugal ini memperpanjang tradisi juara bertahan yang selalu kalah di babak 16 besar seperti yang dialami skuat timnas Spanyol pada pagelaran EURO 2016 yang lalu.

Lalu bagi Belgia, kemenangan ini melengkapi rekor 23 kemenangan terakhir mereka. Bagi Belgia juga, kemenangan ini membuat rekor clean sheet mereka yang telah tujuh kali bertanding selama pagelaran EURO baik itu fase group maupun sebelumnya dapat diteruskan lagi.

Susunan Pemain Portugal vs Belgia
Belgia (3-4-2-1): Thibaut Courtois; Thomas Vermaelen, Jan Vertonghen, Toby Alderweireld; Thorgan Hazard (90′ Leander Dendoncker), Axel Witsel, Youri Tielemans, Thomas Meunier; Eden Hazard (87′ Yannick Carrasco), Kevin De Bruyne (48′ Dries Mertens); Romelu Lukaku.

Portugal (4-3-3): Rui Patricio; Diogo Dalot, Pepe, Ruben Dias, Raphael Guerreiro; Renato Sanches (78′ Sergio Oliveira), Joao Palhinha (78′ Danilo Pereira), Joao Moutinho (55′ Joao Felix); Diogo Jota (70′ Andre Silva), Cristiano Ronaldo, Bernardo Silva (55′ Bruno Fernandes).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *