fbpx

Hasil Pertandingan Swedia vs Ukraina : Shevcenko Mengokohkan Diri Sebagai Legenda Ukraina

Berita Bola – Satu lagi pertandingan seru tersaji di babak 16 besar Euro 2020. Pertemuan antara Swedia melawan Ukraina di Hampden Park pada hari Rabu (30/6/2021) menjadi penutup yang epik sebelum fase perempat final dimulai.

Ukraina berhasil keluar sebagai pemenang dengan dramatis. Pada menit-menit akhir babak perpanjangan waktu, Artem Dovbyk berhasil mencetak gol dan membuat Ukraina menang dengan skor tipis 2-1.

Babak pertama waktu normal berakhir dengan skor 1-1. Ukraina sempat unggul lebih dulu lewat aksi Oleksandr Zinchenko pada menit ke-22, sebelum dibalas Emil Forsberg di menit ke-43.

Beberapa peluang emas tercipta di laga kali ini. Forsberg bakan bisa mencetak hat-trick andai dua tembakannya masing-masing pada menit ke-56 dan 69 tidak membentur tiang gawang. Pada akhirnya, skor imbang 1-1 bertahan sampai akhir babak kedua.

Terjadi sebuah momen horor pada babak pertama extra time yang membuat Swedia harus bermain dengan 10 orang. Kejadian ini melibatkan Marcus Danielson yang harus keluar lapangan terlebih dahulu usai diganjar kartu merah di menit ke-99.

Kartu merah diberikan karena Danielson melakukan tackle keras terhadap pemain Ukraina, Artem Besedin. Mulanya wasit memberikan kartu kuning, namun mengubahnya jadi kartu merah setelah melihat kejadian horor tersebut lewat VAR.

Perbedaan jumlah pemain membuat Swedia bermain lebih bertahan di babak kedua. Membuat Ukraina yang seharusnya bisa mencetak gol karena perbedaan ini jadi kesulitan untuk mengubah kedudukan.

Sebelum pertandingan berakhir, Ukraina berhasil mencetak gol penentu kemenangan lewat aksi pemain pengganti, Artem Dovbyk. Pertandingan berakhir dengan skor 2-1 untuk Ukraina. Dengan ini Ukraina akan berhadapan dengan Inggris di babak selanjutnya.

Andriy Shevcenko Legenda Hidup Ukraina

Andriy Shevchenko memang sangat pantas disebut sebagai legenda Ukraina. Sebagai pemain, dia luar biasa. Sebagai pelatih, di Euro 2020, dia juga telah membuktikan kapasitasnya. Hal tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa buat Shevcenko.

Timnas Ukraina baru saja memastikan diri lolos ke perempat final Euro 2020. Tim besutan Shevchenko mengalahkan Timnas Swedia 2-1 lewat extra time di babak 16 besar, Rabu (30/6/2021).

Shevchenko membawa Ukraina lolos ke perempat final Euro untuk pertama kalinya dalam sejarah. Ini adalah sebuah yang prestasi yang luar biasa. Pencapaian-pencapaiannya di dunia sepak bola pun semakin cemerlang.

Hingga kini, Shevchenko juga masih memegang rekor gol terbanyak untuk Timnas Ukraina. Sepanjang kariernya, selama periode 1995-2012, dia mencetak 48 gol dalam 111 penampilan internasional.

Di urutan kedua adalah Andriy Yarmolenko, dengan 42 gol dalam 98 penampilan. Uniknya, Yarmolenko adalah salah satu pemainnya di Timnas Ukraina yang sekarang. Di Euro 2020, dia telah mencetak dua gol dalam empat penampilan.

Susunan Pemain Swedia vs Ukraina

Swedia (4-4-2): Robin Olsen; Mikael Lustig (Emil Krafth 83′), Victor Lindelof, Marcus Danielson, Ludwig Augustinsson (Pierre Bengtsson 83′); Sebastian Larsson (Viktor Claesson 97′), Albin Ekdal, Kristoffer Olsson (Filip Helander 101′), Emil Forsberg; Dejan Kulusevski (Robin Quaison 97′), Alexander Isak (Marcus Berg 97′).

Ukraina (4-3-3): Georgi Bushchan; Oleksandr Karavayev, Sergey Kryvtsov, Illia Zabarnyi, Mykola Matviyenko; Taras Stepanenko (Evgeniy Makarenko 95′), Serhiy Sydorchuk (Roman Bezus 118′), Oleksandr Zinchenko; Andriy Yarmolenko (Artem Dovbyk 105′), Roman Yaremchuk (Artem Besedin 90′ (Viktor Tsygankov 101′)), Mykola Shaparenko (Ruslan Malinovskyi 61′).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *