fbpx

Kalahkan Portugal, Ukraina Lolos ke Piala Eropa 2020

OLE777 – Timnas Ukraina tampil luar biasa di Kualifikasi Piala Eropa 2020. Mereka lolos duluan ke putaran final dengan mengangkangi juara bertahan Portugal. Wow !

 

Ukraina tampil impresif sejak awal kualifikasi. Usai mengimbangi Portugal tanpa gol di kandang lawan Maret lalu, Ukraina tancap gas dengan menyapu bersih lima laga berikutnya. Mereka bahkan cuma kebobolan satu gol dan mencetak 13 gol.

 

Alhasil, Ukraina berhasil membuat jarak yang begitu lebar yakni lima poin atas Portugal, sebelum keduanya bertemu di Olympiyskiy Stadium, Selasa (15/10/2019) dini hari WIB. Ukraina akhirnya memenangi duel tersebut dengan skor 2-1.

 

Setelah unggul dua gol lebih dulu di babak pertama lewat Roman Yaremchuk dan Andriy Yarmolenko, Ukraina kebobolan gol penalti Cristiano Ronaldo di menit ke-72. Untungnya kemenangan berhasil dipertahankan dan Ukraina pun menambah torehan poinnya menjadi 19 dari tujuh laga. Dengan hanya menyisakan satu laga, Ukraina memastikan diri lolos ke putaran final.

 

BACA JUGA : Cristiano Ronaldo Cetak Gol Ke-700 Sepanjang Kariernya

 

Sebab Ukraina unggul delapan angka dari Portugal di posisi kedua dan sembilan angka dari Serbia di posisi ketiga. Dengan dua laga tersisa, Ukraina tak lagi terkejar dan Portugal serta Serbia akan berebut satu tiket tersisa.

 

Bagi Ukraina, ini adalah prestasi apik setelah gagal lolos ke Piala Dunia 2018. Apalagi Ukraina tidak diunggulkan sebelumnya karena segrup dengan Portugal sebagai juara bertahan serta Serbia yang punya generasi emas. Bagi Ukraina, ini adalah penampilan ketiga beruntun di kompetisi ini setelah 2012 dan 2016.

 

Anak asuh Andriy Shevchenko itu banyak ditopang pemain yang membawa Ukraina juara Piala Dunia U-20 musim panas kemarin. Ukraina menyusul Belgia, Italia, Rusia, dan Polandia yang sudah lebih dulu lolos ke putaran final.

 

SUMBER : DETIKSPORT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *