fbpx

Messi Dilarang Membela Argentina Selama Tiga Bulan

Berita Bola – Superstar Argentina, Lionel Messi dilarang memperkuat tim nasionalnya selama tiga bulan dan denda 50.000 dolar AS oleh badan sepak bola CONMEBOL setelah ia mengkritik keras CONMEBOL pada hari jumat (2/8) lalu. Ia mulai mengeluhkan keputusan wasit usai Argentina disingkirkan Brasil pada babak semifinal Copa America 2019 lalu.

Awalnya ia mengklaim, pada saat melawan Brasil harusnya Argentina mendapatkan 2 pinalti tetapi sang wasit tidak menghiraukannya. Kekesalan sang megabintang bertambah parah setelah ia di kartu merah pada saat Argentina melawan Chile pada perebutan juara ketika Copa Amerika.

Setelah laga selesai, ia langsung menuding bahwa CONMEBOL adalah lembaga yang korup serta Copa America 2019 sudah diatur agar sang tuan rumah Brasil menjadi pemenangnya.

“Korupsi dan wasit telah menghalangi orang menikmati sepak bola dan kedua hal itu agak merusak sepak bola,” kata Messi waktu itu, seperti dikutip AFP.

Denda 50.000 Dolar

Beberapa waktu lalu sempat muncul kabar yang menyebut bahwa CONMEBOL hanya akan memberikan sanksi larangan bermain dalam satu laga dan denda sebesar 150 Dolar Amerika.

Namun, pada halaman resmi CONMEBOL, mereka tidak menyebutkan alsan Messi dihukum tetapi hanya merujuk pada pasal 7.1 dan 7.2 aturan disiplin. Salah satu klausa merujuk kepada “perilaku hinaan dan ofensif atau membuat protes fitnah dalam bentuk apa pun.”

[Baca Juga: Mourinho Beberkan Masalah Terbesar yang Dihadapi Chelsea]

Tak hanya ia dihukum dengan larangan bermain, Messi juga menerima hukuman berupa denda sebesar 50 ribu Dolar Amerika dari CONMEBOL akibat komentar pedasnya itu.

Larangan ini membuat Messi hanya absen pada beberapa pertandingan persahabatan yang dijalani Argentina, tapi tidak sampai absen pada pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 di Qatar, mulai Maret tahun depan.

Meskipun dia tak bisa tampil bersama skuad Argentina pada laga persahabatan tersebut tetapi messi bisa tampil pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 nanti.

Tak Seperti Messi Biasanya

Mendapatkan kartu, apalagi kartu merah bukanlah tipikal sang mega bintang, Messi. Pasalnya selama ia memperkuat Barcelona, ia tak pernah di usir keluar lapangan. Tetapi pada saat memperkuat Argentina, ia pernah sekali mendapatkan kartu merah pada laga perdanya memperkuat timnas Argentina saat ia masih berusia 18 tahun.

Sanksi yang dijatuhi CONMEBOL tentunya dapat menjadi keuntungan bagi timnas Argentina, karena mereka terlalu mengandalkan pemain berusia 32 tahun tersebut. Pada laga tanpa Messi, Argentina dapat mencoba taktik baru tanpa mengandalkan sang mega bintang tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *