fbpx

Pep Guardiona Mengubah Kiper di Dalam Sepak Bola

OLESPORT – Pelatih Manchester City, Pep Guardiola telah mengubah Kiper atau penjaga gawang dalam ranah sepak bola. Hal tersebut diungkap oleh penjaga gawang Manchester United, Anders Lindegaard. Dalam filosofi permainan yang dianut oleh Guardiola, kiper mempunyai peran penting.

Bagi Guardiola, Kiper juga harus mempunyai kemampuan untuk membaca permainan berlangsung terlebih lagi sama seperti pemain lainnya kiper juga harus memiliki kemampuan umpan yang akurat. Cara permainan tersebut sudah diterapkan Guardiola sejak saat masih bersama Barcelona.

Lalu pada saat menjadi pelatiH Bayern Munchen Guardiola mempunyai kiper yang sangat dapat diandalkan yaitu Manuel Neuer, sosok ideal dalam imajinasi kiper Guardiola. Neuer juga mempunyai kemampuan lengkap, baik penjaga gawang maupun ‘bek tengah’.

[Baca Juga: Bernardo Silva: Raih 5 Trofi, Ini Musim Yang Luar Biasa]

“Guardiola bagi saya adalah manajer pertama yang benar-benar mengakui penjaga gawang sebagai pemain kunci dalam permainan. Dia melakukannya di Barcelona, ​​Bayern Munich dan dia melakukannya sekarang di City,” buka Lindegaard dikutip dari Evening Standard.

“Bagi saya, itu sangat jelas. Kiper adalah perbedaan paling besar antara tahun sebelum kedatangan Guardiola dan sekarang,” sambung Lindegaard.

Di bawah kepemimpinan Guardiola, Manchester City sukses menjuarai Liga Inggris dalam 2 musim terakhir. Meskipun Manchester City mempunyai pemain berkualitas seperti Sergio Aguero dan Vincent Kompany tetapi jangan lupa dengan sosok yang penting lain yaitu Ederson.Andres Ling

Ederseon menjadi pemain kunci Manchester City. Selain mempunyai kemampuan bagus dalam menghalau setiap serangan, ia juga memberikan distribusi bola yang bagus.

“Ederson, dia adalah pemain yang solid dan telah melakukan banyak penyelamatan yang bagus. Tapi, kakinya [kemampuan mengumpan] membuatnya begitu sensasional,” ucap Lindegaard.

“Untuk kompetisi seperti Premier League, Anda akan memiliki dua sampai empat klub yang mampu memainkan penguasaan bola dengan ekstrim dan melibatkan penjaga gawang. Ederson dan Alisson adalah solusinya,” ucap Lindegaard.

Ederson dan Alisson menjadi penjaga gawang dengan performa yang solid di Premier League musim 2018/19. Jumlah kebobolan mereka paling minim dibanding penjaga gawang lain di Premier League, dengan jumlah laga maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *