fbpx

Semifinal EURO 2020 : Fakta dan Statistik Italia vs Spanyol

Berita Bola – Timnas Italia akan berhadapan dengan Timnas Spanyol di babak semifinal Euro 2020, Rabu (7/7/2021). Berikut beberapa data dan fakta yang melatarbelakangi pertandingan di Wembley Stadium, London ini.

Pertemuan terakhir Italia dan Spanyol tersaji di Kualifikasi Piala Dunia 2018. Mereka bermain seri 1-1 di Turin, kemudian Spanyol menumbangkan Italia 3-0 di kota Madrid, di mana Alvaro Morata menyumbang satu gol.

Ini akan menjadi kali ke-4 secara beruntun Italia dan Spanyol bertemu di fase gugur Euro. Pertemuan pertama mereka di fase gugur Euro adalah di perempat final Euro 2008, yang dimenangi Spanyol lewat adu penalti.

Setelah itu, Italia dan Spanyol berjumpa di final Euro 2012, yang dimenangi Spanyol 4-0. Jordi Alba menyumbang satu gol untuk Spanyol di laga tersebut. Di Euro 2012 itu, Italia dan Spanyol juga bertemu di fase grup dan bermain seri 1-1.

Terakhir, Italia dan Spanyol berjumpa di babak 16 besar Euro 2016, di mana Giorgio Chiellini menyumbang satu gol dan Italia menang 2-0.

Italia dan Spanyol sejauh ini sudah bertemu 37 kali, dan masing-masing meraih 11 kemenangan, sedangkan 15 bentrokan lainnya berkesudahan seri.

Pemenang dari pertandingan semifinal Euro 2020 Italia vs Spanyol ini akan melawan salah satu dari Inggris atau Denmark di final. Finalnya juga akan digelar di Wembley Stadium, London, Inggris.

Statistik Italia

Di Grup A, Italia meraih 3 kemenangan dari 3 pertandingan, mencetak 7 gol dan tak sekalipun kebobolan. Italia mengalahkan Turki 3-0, Swiss 3-0, serta Wales 1-0, dan menjuarai Grup A dengan poin sempurna.

Ciro Immobile dan Manuel Locatelli masing-masing mencetak 2 gol untuk Italia di fase grup Euro 2020, sedangkan Lorenzo Insigne dan Matteo Pessina masing-masing 1 gol. Sementara itu, Ciro Immobile, Domenico Berardi, Marco Verratti, Nicolo Barella, dan Rafael Toloi masing-masing menyumbang 1 assist.

Di babak 16 besar, Italia mengalahkan Austria 2-1 lewat extra time. Gol-gol Italia dicetak oleh Federico Chiesa dari assist Leonardo Spinazzola, dan Matteo Pessina dari assist Francesco Acerbi.

Di perempat final, Italia mengalahkan Belgia 2-1. Gol-gol Italia dicetak oleh Nicolo Barella dari assist Marco Verratti, dan Lorenzo Insigne dari assist Nicolo Barella.

Italia masih sempurna di Euro 2020 dengan 15 kemenangan dari 15 pertandingan sejak babak kualifikasi. Italia mencetak 48 gol dan cuma kebobolan 6 gol.

Italia selalu menang dalam 13 laga terakhirnya dan juga Italia mencetak total 36 gol dalam 13 laga terakhirnya. Sementara itu Italia mencatatkan 11 clean sheet dan cuma kebobolan total 2 gol dalam 13 laga terakhirnya. Italia pun tak terkalahkan dalam 32 laga terakhirnya (M27 S5 K0).

Statistik Spanyol

Spanyol lolos sebagai runner-up Grup E di belakang Swedia. Di grup ini, Spanyol bermain imbang 0-0 dengan Swedia, kemudian 1-1 dengan Polandia, dan akhirnya lolos usai membantai Slovakia 5-0.

Dari 6 gol Spanyol di Grup E, 4 gol dicetak oleh Alvaro Morata, Aymeric Laporte, Ferran Torres, dan Pablo Sarabia, sementara 2 gol lainnya didapatkan lewat bunuh diri 2 pemain Slovakia.

Di babak 16 besar, Spanyol mengalahkan Kroasia lewat extra time dengan skor 5-3. Spanyol mengalahkan runner-up Piala Dunia itu melalui gol-gol Pablo Sarabia, Cesar Azpilicueta. Ferran Torres, Alvaro Morata, dan Mikel Oyarzabal.

Di perempat final, Spanyol bermain imbang 1-1 dengan Swiss. Unggul terlebih dahulu melalui gol bunuh diri pemain lawan pada menit 8, Spanyol kebobolan di menit 68. Hingga habis waktu normal dan extra time, skor tak berubah. Spanyol menang adu penalti 3-1, di mana penalti penentu kemenangan dicetak oleh Mikel Oyarzabal.

Spanyol tak terkalahkan dalam 12 laga terakhirnya, menang 5 kali (M5 S7 K0) dengan mencatatkan cuma 4 clean sheet dalam 13 laga terakhirnya. Lalu timnas Spanyol menang 16 kali dan cuma kalah 1 kali dalam 28 laga terakhirnya (M16 S11 K1).

Sebelumnya, setiap kali menang di perempat final Euro, Spanyol selalu tembus sampai final dan keluar sebagai juara. Ini sudah terjadi di Euro 2008 dan Euro 2012. Tradisi ini menarik untuk kita ikuti perkembangannya. Apakah akan tetap bertahan atau berubah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *