fbpx

Big Match EURO 2020 Inggris vs Jerman : Permainan Kolektif Jerman Menjadi Kunci

Prediksi Bola – Timnas Inggris akan berhadapan dengan Timnas Jerman di babak 16 besar Euro 2020, Selasa (29/6/2021) pada pukul 23.00 WIB nanti malam. Pertandingan ini akan digelar di Wembley Stadium, London. Pemenangnya akan melawan Swedia atau Ukraina di perempat final.

Inggris lolos sebagai juara Grup D usai menang 1-0 atas Kroasia, imbang 0-0 dengan Skotlandia, dan menang 1-0 atas Republik Ceko di laga terakhir. Gawang Three Lions masih steril di turnamen ini.

Ada sejumlah opini yang mengatakan bahwa Inggris tak perlu gentar melawan Jerman. Alasannya, Jerman sekarang tak sehebat Jerman yang dahulu, termasuk Jerman yang mengalahkan Inggris 4-1 di babak 16 besar Piala Dunia 2010 – yang diwarnai insiden ‘gol hantu’ Frank Lampard dan aksi Thomas Muller mencetak dua gol ke gawang Inggris.

Andai kita berkaca dari rekor pertemuan kedua tim, Jerman pantas diunggulkan. Pasalnya Der Panzer hanya kalah satu kali dari Inggris dalam pertemuan kompetitif. Kekalahan itu terjadi pada final Piala Dunia 1966 di Wembley, ketika Inggris menang 4-2 lewat babak tambahan.

Setelah itu Jerman hampir selalu membuat Inggris merana di pertandingan kompetitif, bahkan di Wembley sekalipun. 25 tahun lalu Inggris kalah adu penalti dari Jerman pada semifinal Euro 1996 di Wembley. Satu-satunya eksekutor penalti Inggris yang gagal kala itu adalah Gareth Southgate, yang notabene pelatih The Three Lions saat ini.

Anak-anak asuh Southgate juga tergolong lebih konsisten dan stabil. Mereka menang delapan kali, mencetak total 17 gol, dan cuma kebobolan total satu gol dalam sembilan pertandingan terakhir.

Itu memang sedikit kontras dengan Jerman, yang hanya menang dua kali dalam enam laga terakhirnya. Selain itu, pasukan Joachim Loew juga harus bersusah payah untuk lolos dari grup neraka. Di laga terakhir Grup F, mereka bahkan dua kali tertinggal dan dua kali pula menyamakan kedudukan saat melawan Hungaria.

Baca Juga : Hasil Pertandingan EURO 2020 Prancis vs Swiss : Mbappe cs Kalah Memalukan

Namun, kita tak bisa melupakan beberapa fakta. Pertama, kelolosan Jerman sebagai runner-up grup neraka menunjukkan bahwa fighting spirit mereka tak bisa diremehkan. Setelah takluk 0-1 dari juara dunia Prancis pada laga pertama, Die Mannschaft mampu bangkit di laga kedua dengan menghantam juara bertahan Portugal 4-2. Berada di grup yang sangat berat ini membuat mental mereka semakin terasah.

Kedua, main di Wembley bukan jaminan paten bagi Inggris jika berhadapan dengan Jerman. Inggris tanpa kemenangan dalam tujuh laga terakhir kontra Jerman di stadion kebanggaan mereka.

Ketiga, Jerman belum pernah kalah di babak 16 besar sebuah major tournament, yakni menang lima kali di Euro dan delapan kali di Piala Dunia. Ini adalah sebuah catatan yang istimewa.

Sebuah sinyal ancaman serius bagi Inggris datang dari Low yang mengatakan Jerman akan tampil beda di fase gugur Euro 2020. Sementara Inggris masih belum bisa berbenah guna memaksimalkan performa.

Saka dan Grealish menghadirkan nuansa baru, namun permainan atraktif Inggris tak berjalan lama di laga melawan Kroasia. Di sisi lain Jerman selalu menunjukkan karakter bermain yang kukuh di tiga laga fase grup. Kemampuan penyerangan kolektif ala Jerman akan diuji ketangguhan pertahanan Inggris yang belum pernah dijebol.

Performa Inggris yang belum menggembirakan membuat Jerman layak diunggulkan pada pertandingan ini. Die Mannschaft sudah membuktikan kualitas mereka saat melawan Prancis dan Portugal.

Sementara itu, meski selalu tampil di depan pendukungnya, Inggris tidak terlalu menggembirakan. Dengan kondisi tersebut Inggris bisa dalam tekanan Jerman. Meskipun demikian, pertahanan Inggris yang sangat solid menjadi tumpuan Three Lion dalam menahan laju der Panzer jerman.

Prediksi Susunan Pemain Inggris vs Jerman

nggris (3-4-3): Pickford; Maguire, Stones, Walker; Trippier, Rice, Phillips, James; Sterling, Kane, Foden.

Pelatih: Gareth Southgate.

Jerman (3-4-2-1): Neuer; Rudiger, Hummels, Ginter; Gosens, Kroos, Gundogan, Kimmich; Havertz, Muller; Gnabry.

Pelatih: Joachim Loew.

Head-to-Head Inggris vs Jerman

  • Pertemuan: 32
  • Inggris menang: 13
  • Gol Inggris: 51
  • Imbang: 6
  • Jerman menang: 13
  • Gol Jerman: 42.

5 Pertemuan Terakhir Inggris vs Jerman

11-11-2017 Inggris 0-0 Jerman (Friendly)

23-03-2017 Jerman 1-0 Inggris (Friendly)

27-03-2016 Jerman 2-3 Inggris (Friendly)

20-11-2013 Inggris 0-1 Jerman (Friendly)

27-06-2010 Jerman 4-1 Inggris (Piala Dunia)

Prediksi Skor Inggris vs Jerman

Inggris 0-1 Jerman

Inggris 1-0 Jerman

Inggris 1-2 Jerman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *