fbpx

EURO 2020 : Tim yang Sudah Dipastikan Lolos ke Fase Selanjutnya dan Peringkat Tiga Terbaik

Berita Bola – Fase grup Piala Eropa 2020 sudah mendekati akhir. Setidaknya ada sebanyak 12 tim yang sudah memastikan tempat untuk lolos ke babak 16 besar hingga Rabu (23/6/2021).

Grup A diwakili Timnas Italia, Wales dan Swiss. Italia lolos sebagai juara Grup A diikuti Wales dengan status runner-up. Sementara Swiss melangkah ke babak berikutnya melalui jalur peringkat tiga terbaik.

Sekadar informasi seperti gelaran Piala Eropa 2016, dari enam tim peringkat tiga, empat di antaranya berhak lolos ke 16 besar Piala Eropa 2020 dengan status tim peringkat tiga terbaik. Tiket ini memberikan kesempatan bagi tim-tim yang gagal menduduki peringkat pertama dan kedua untuk melanjutkan asa di pagelaran EURO 2020 ini.

Swiss dipastikan menyegel peringkat tiga terbaik karena mempunyai poin yang lebih baik ketimbang Ukraina dan Finlandia yang merupakan penghuni peringkat tiga Grup B dan C. Setelah melalui tiga pertandingan, Ukraina dan Finlandia hanya mengemas tiga angka.

Kemudian Grup B meloloskan Belgia sebagai juara grup dan Denmark yang menempati peringkat kedua. Lalu, Grup C diwakili Belanda dan Austria sebagai juara dan runner-up grup. Sementara Grup D, Timnas Inggris yang baru saja meraih kemenangan di laga pamungkas memastikan diri lolos sebagai juara grup D.

Baca Juga : Prediksi Pertandingan EURO 2020 Kroasia vs Skotlandia : Penentuan Kedua Tim

The Three Lions mengalahkan Republik Ceko 1-0 lewat gol tunggal Raheem Sterling di babak pertama. Meski kalah, Republik Ceko juga berhak lolos ke babak 16 besar lewat jalur peringkat tiga terbaik. Sebab, posisi runner-up grup direbut Kroasia yang berhasil menumbangkan Skotlandia 3-1.

Sedangkan dua grup tersisa yakni Grup E dan Grup F masih menunggu hasil dari pertandingan terakhir untuk menentukan tim mana yang berhak melaju ke babak berikutnya. Sejauh ini, masing-masing grup baru memastikan satu tim yakni Swedia dan Prancis yang sudah pasti lolos setelah mengoleksi empat poin dari dua laga yang mereka mainkan.

Tinggal menunggu hasil dari pertandingan Swedia vs Polandia, Slowakia vs Spanyol, Portugal vs Prancis, dan Hungaria vs Jerman. Setelah laga-laga tersebut selesai, maka akan dilanjutkan pada fase selanjutnya dan tim yang gagal akan mengangkat koper terlebih dahulu.

Berikut Daftar Negara-negara yang Lolos ke 16 Besar P EURO 2020:

Italia, Wales, Swiss, Belgia, Denmark, Belanda, Austria, Inggris, Kroasia, Republik Ceko, Swedia, dan Prancis.

Peringkat Ketiga Terbaik Sementara

Selain finis sebagai dua tim teratas di masing-masing grup, kelolosan ke babak 16 besar juga bisa ditempuh lewat jalur peringkat ketiga terbaik. Empat slot disediakan lewat jalur ini.

No Tim M SG P
1 Republik Ceko (D) 3 +1 4
2 Swiss (A) 3 -1 4
3 Portugal (F) 2 +1 3
4 Ukraina (C) 3 -1 3
5 Finlandia (B) 3 -2 3
6 Spanyol (E) 2 0 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *