fbpx

Final EURO 2020 : 5 Pemain Kunci yang Bisa Membuat Inggris Juara

Berita Bola – Timnas Inggris akan tampil di final Euro 2020. Pasukan Gareth Southgate bakal menghadapi Italia di Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB.

Inggris menunjukkan performa yang sangat apik untuk menuju ke final. Harry Kane dan kolega belum pernah merasakan kekalahan selama bertarung di Euro 2020.

Di Euro 2020, Inggris mencatatkan lima kemenangan dan satu hasil imbang dari enam laga. Tim Tiga Singa juga mencetak 10 gol dan kebobolan satu gol saja.

Selain itu, Inggris juga mengalahkan tim-tim besar dan kandidat juara seperti Jerman dan Kroasia dalam perjalanan menuju final. Ini jadi final Euro pertama buat Inggris.

Melihat peforma Inggris tersebut, patutlah kita lihat siapa saja pemain yang berperan besar dan menjadi pemain kunci Inggris dalam mengarungi kompetisi. Berikut ini adalah 5 pemain kunci yang membuat Inggris melaju sampai sekarang ini :

  1. Luke Shaw

Luke Shaw selalu dipasang sebagai bek kiri di Euro 2020. Dalam lima pertandingan untuk Inggris, dia menunjukkan penampilan yang cukup impresif. Bek Manchester United tersebut terlihat cukup solid dalam bertahan. Dia berhasil menorehkan 1,6 tekel dalam setiap pertandingan.

Kontribusinya saat menyerang pun tidak kalah bagus. Shaw sejauh ini sudah memberikan tiga assist untuk rekan setimnya. Sisi kiri dari timnas Inggris selalu dijaga dengan baik juga oleh Luke Shaw. Walaupun aktif juga dalam membantu penyerangan, tapi Shaw tetap saja tidak lupa pertahanannya.

  1. Harry Maguire

Harry Maguire absen dalam dua laga awal Timnas Inggris di Euro 2020 karena cedera. Tapi, dia tidak pernah absen dalam empat laga berikutnya. Maguire cukup solid dalam menjaga pertahanan timnya. Dia bahkan terpilih menjadi pemain terbaik saat Inggris mengalahkan Jerman di babak 16 besar.

Maguire juga bisa berkontribusi berupa gol untuk Inggris. Pemain Manchester United itu tercatat sudah mencetak satu gol saat menghadapi Ukraina. Maguire juga merupakan tokoh sentral dalam kunci pertahanan Inggris yang tidak pernah kebobolan sebelum bertemu dengan Denmark.

Duetnya dengan John Stones dalam mengawal lini pertahanan Inggris patut untuk diacungi jempol. Perannya juga tidak tergantikan oleh pemain lain walaupun dalam dua laga awal sempat tidak bermain. Setelah sembuh dari cideranya, Maguire tidak pernah masuk sebagai pengganti atau digantikan. Ini menunjukkan Maguire merupakan pemain kunci bagi timnas Inggris.

  1. Kalvin Phillips

Peran gelandang bertahan memang kerap diremehkan. Namun, Kalvin Phillips sudah menampilkan performa luar biasa untuk membantu Inggris mencapai final Euro 2020. Phillips tak pernah absen dalam enam pertandingan yang dilakoni Inggris. Dia memberikan dampak yang cukup signifikan dalam menjaga lini tengah The Three Lions.

Phillips terpilih sebagai pemain terbaik saat Inggris mengalahkan Kroasia di laga pembuka Euro 2020. Gelandang Leeds United itu membuat satu assist untuk gol kemenangan yang dicetak Raheem Sterling.

  1. Raheem Sterling

Raheem Sterling merupakan salah satu pencetak gol Inggris di Euro 2020. Sejauh ini, bintang Manchester City tersebut telah mengoleksi tiga gol. Selain mencetak gol, Sterling juga bisa membuat assist. Dia turut membantu kemenangan The Three Lions atas Ukraina dengan torehan satu assist.

Sterling sudah tampil dalam lima pertandingan Inggris di Euro 2020. Dia juga terpilih sebagai pemain terbaik setelah membawa Inggris menang atas Kroasia. Penetrasinya ke dalam kotak penalty lawan juga merupakan senjata andalan Sterling dalam melakukan serangan.

Gol pinalti dari Harry Kane waktu melawan Denmark juga merupakan jasa dari tusukan Sterling yang masuk ke kotak pinalti. Hal tersebut juga membuat Sterling menjadi andalan dalam setiap laga yang dilakoni oleh timnas Inggris di EURO 2020 ini.

  1. Harry Kane

Harry Kane telah membuktikan dirinya sebagai salah satu striker terbaik di dunia. Dia mempunyai peran yang sangat krusial dalam membawa Inggris ke final Euro 2020. Kane sempat gagal membobol gawang lawan dalam tiga laga Inggris di babak penyisihan grup. Namun, bomber Tottenham itu kemudian menggila setelah memasuki fasee gugur.

Kane tercatat sudah mengoleksi empat gol di pentas Euro 2020 kali ini. Itu termasuk satu gol melawan Denmark yang mengantar timnya masuk final. Empot gol Kane juga membuat dirinya akan menyamai perolehan dari Cristiano Ronaldo yang masih menjadi top skor sementara EURO 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *