fbpx

Hasil Pertandingan Belanda vs Republik Ceko : Der Oranje Kalah Memalukan

Berita Bola – Hasil yang mengejutkan tercipta di babak 16 besar Euro 2020. Di luar dugaan, Republik Ceko berhasil meraih kemenangan atas Belanda dengan skor 2-0 pada laga yang berlangsung di Puskas Arena hari Minggu (27/6/2021).

Kemenangan Republik Ceko dianggap mengejutkan karena hanya sedikit yang meyakini mereka bisa meraih kemenangan. Sebab lawannya adalah Belanda, juara Grup C yang berhasil menyapu bersih tiga pertandingan dengan kemenangan.

Pada awal pertandingan, Belanda sempat menebar beberapa ancaman ke gawang Republik Cek melalui aksi Matthijs de Ligt dan Denzel Dumfries. Sayang, keduanya gagal menghasilkan gol buat Die Oranje.

Republik Ceko mulai memberikan respon menjelang akhir pertandingan. Pada menit ke-38, Antonin Barak berada dalam situasi satu lawan satu dengan Maarten Stekelenburg. Namun ia gagal mencetak gol karena De Ligt berhasil mengantisipasi pergerakannya dengan sangat baik.

Akan tetapi, menjelang turun minum, Memphis Depay mengecoh pemain lawan di kotak penalti. Dia mengirim sodoran kepada Van Aanholt,

yang meneruskan dengan sepakan meski masih melenceng dan offside. Pertarungan sengit antara kedua negara harus dihentikan oleh jeda babak pertama. Skor imbang 0-0 bertahan sampai wasit meniupkan peluit untuk menghentikan permainan.

Belanda membuang sebuah kesempatan emas di menit ke-50. Pergerakan Memphis Depay mengecoh Vaclik sehingga bola bisa dikuasai Malen. Namun, Malen terlalu lama menggocek bola sehingga bisa ditangkap Vaclik.

Baca Juga : Italia vs Austria EURO 2020 : Gli Azzurri Perpanjang Rekor Walaupun Berjuang Ekstra

Belanda mesti bermain dengan 10 orang di menit 55. De Ligt dikartu merah setelah melakukan hand ball di luar kota penalti ketika mengawal Schick. Pada awalnya, wasit hanya memberi kartu kuning kepada De Ligt tapi hukuman berubah setelah memeriksa melalui VAR.

Ceko kemudian dihadiahi tendangan bebas, tapi sepakan Coufal cuma membentur pagar hidup.

Pertandingan semakin panas. Ceko mengklaim penalti karena Dumfries dianggap melakukan handball menyusul sepak pojok. Wasit meninjau dengan VAR lalu diputuskan bukan penalti.

Kebutuan terpecah! Ceko memimpin atas Belanda 1-0 di menit ke-68. Dari sepak pojok, Kalas menerima bola di tiang jauh sebelum diselesaikan Tomas Holes dengan sundulan dari jarak dekat.

Setelah dua kali upayanya berhasil diselamatkan Stelekenburg, Ceko ‘membunuh’ Belanda. Di menit ke-80, Schick menceploskan gol kedua Ceko untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Gol itu terjadi setelah Holes memenangi bola di lapangan tengah. Dia merangsek ke kotak penalti Belanda lalu melepaskan umpan tarik yang diselesaikan Schick dengan tembakan kaki kiri.

Kedua kesebelasan lantas sama-sama melakukan sejumlah pergantian pemain. Belanda dengan putus asa menyerang, tapi Ceko tetap solid bertahan. Keunggulan Ceko 2-0 atas Belanda bertahan sampai pertandingan selesai.

Masa injury time selama enam menit tidak membantu Belanda. Pada akhirnya, pasukan Frank de Boer tersebut harus berhenti di babak 16 besar. Di sisi lain, Republik Ceko resmi menjadi tim ketiga yang telah dipastikan melaju ke perempat final.

Susunan Pemain

Belanda (3-4-1-2): Maarten Stekelenburg; Stefan De Vrij, Matthijs De Ligt, Daley Blind (Jurrien Timber 81′); Denzel Dumfries, Frenkie de Jong, Marten de Roon (Wout Weghorst 73′), Patrick Van Aanholt (Steven Berghuis 81′); Georginio Wijnaldum; Memphis Depay, DonyellMalen (Quincy Promes 57′).

Republik Ceko (4-2-3-1): Tomas Vaclik; Vladimir Coufal, Ondrej Celustka, Tomas Kalas, Pavel Kaderabek; Petr Sevcik (Adam Hlozek 85′), Tomas Soucek; Lukas Masopust (Jakub Jankto 79′), Tomas Holes (Alex Kral 86′), Antonin Barak (Michal Sadilek 90′); Patrik Schick (Michal Krmencik 90′).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *