fbpx

Hasil Pertandingan EURO 2020 Denmark vs Republik Ceko : Tim Dinamit Injakkan Kakinya di Semifinal

Berita Bola – Pertandingan babak perempatfinal Euro 2020 antara Republik Ceko vs Denmark, Sabtu, 3 Juli 2021, telah berakhir pada malam ini. Bermain di Stadion Olimpiade Baku, Azerbaijan, Denmark berhasil mendapatkan satu tempat di babak semifinal Euro 2020.

Itu didapatkan setelah Tim Dinamit tersebut berhasil mengalahkan Republik Ceko dengan skor 2-1. Dua golnya didapatkan melalui aksi Thomas Delaney (5’) dan Kasper Dolberg (42’).

Berdasarkan statistik, Ceko unggul dalam penguasaan bola dengan peresentase sebesar 56% berbanding 44%. Namun Denmark mencatatkan lebih banyak tembakan ke arah gawang, yakni sejumlah: tujuh dari total 11 lesatan.

Sedangkan Ceko melepaskan 16 tembakan di mana lima di antaranya mengarah ke gawang.

Dengan kemenangan ini maka Denmark berhak melaju ke babak semifinal Euro 2020 dan akan bertemu dengan pemenang antara Ukraina melawan Inggris. Pertandingan tersebut akan dimainkan pada 7 Juli 2021 di Stadion Wembley, London, Inggris.’

Jalannya Pertandingan

Kedua tim turun di laga ini dengan kepercayaan diri usai sama-sama meraih kemenangan impresif di babak 16 besar. Ceko mengalahkan Belanda 2-0, sementara Denmark menghajar Wales 4-0.

Bertemu dalam perebutan tiket semifinal di Baku, Denmark mencoba mengambil inisiatif serangan. Hasilnya, Denmark mampu membuka keunggulan ketika laga belum genap lima menit. Dari corner Jens Stryger Larsen, Delaney yang nyaris tak terkawal sukses menjebol gawang Ceko dengan sundulannya.

Ceko berusaha bangkit dan membalas, tapi transisi dari lini tengah mereka masih kurang. Itu membuat serangan-serangan Ceko tidak optimal. Tiga menit sebelum habis waktu normal pertama, Ceko justru kebobolan gol kedua. Diawalo crossing manis Joakim Maehle dari sisi kiri, bola disambar oleh Dolberg untuk membawa Denmark memimpin 2-0. Itu adalah gol ke-3 Dolberg di Euro 2020.

Ceko rupanya sadar apa yang harus dibenahi setelah tertinggal 0-2 di babak pertama. Diawali masuknya Jakub Jankto dan Michael Krmencik, Ceko langsung menciptakan dua peluang bagus di menit awal babak kedua. Beberapa menit berselang, Ceko bahkan mendapatkan gol yang mereka incar. Berkat umpan matang Vladimir Coufal dari sisi kanan, sang bomber utama Patrik Schick mencetak golnya yang ke-5 di turnamen ini. Ceko 1, Denmark 2.

Setelah itu, Denmark melakukan beberapa pergantian yang mengindikasikan kalau mereka bakal tampil sedikit lebih bertahan. Namun, jual-beli serangan tetap tersaji di atas lapangan.

Dimotori Tomas Soucek yang main dengan balutan perban di kepala, Ceko beberapa kali mencoba membobol gawang Denmark, tapi tak juga membuahkan gol kedua. Sementara itu, beberapa ancaman Denmark masih bisa dinetralisir oleh kiper Tomas Vaclik.

Memasuki 10 menit terakhir dan tak kunjung bisa menyamakan kedudukan, Ceko terlihat frustrasi. Pelanggaran-pelanggaran yang membuahkan kartu kuning pun seolah tak dapat dihindari.

Wasit memberi tambahan waktu enam menit. Ceko terus membombardir pertahanan Denmark, sedangkan Denmark mulai terlihat gugup. Namun, Denmark sanggup mempertahankan keunggulan mereka, dan lolos ke semifinal untuk pertama kalinya sejak menjadi juara pada edisi 1992 silam.

Susunan Pemain Denmark vs Republik Ceko

Republik Ceko (4-2-3-1): Vaclik; Boril, Kalas (kuning 86), Celustka (Brabec 65), Coufal; Soucek, Holes (Jankto 46); Sevcik (Darida 80), Barak, Masopust (Krmencik 46 – kuning 84); Schick (Vydra 79).

Pelatih: Jaroslav Silhavy.

Denmark (3-4-2-1): Schmeichel; Vestergaard, Kjaer, Christensen (Andersen 81); Maehle, Delaney (Jensen 81), Hojbjerg, Larsen (Wass 71); Braithwaite, Damsgaard (Norgaard 60); Dolberg (Poulsen 59).

Pelatih: Kasper Hjulmand.

Statistik Permainan Kedua Tim

    • Ball possession: 53% – 47%
    • Shots: 17 – 13
    • Shots on target: 5 – 7
    • Kartu kuning: 2 – 0
  • Kartu merah: 0 – 0.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *