fbpx

Hasil Pertandingan EURO 2020 Inggris vs Ukraina : The Three Lions Habisi Tim Biru Kuning

Berita  BolaInggris mengemas kemenangan besar atas Ukraina pada perempat final Euro 2020 atau babak 8 besar Euro 2020. Pertandingan Ukraina vs Inggris digelar di Stadion Olimpico, Roma, Italia, Minggu (4/7/2021) dini hari WIB.

The Three Lions, julukan timnas Inggris, meraih kemenangan empat gol tanpa balas. Inggris menang meyakinkan berkat gol-gol Harry Kane (4′, 50′), Harry Maguire (46′), dan Jordan Henderson (63′).

Kemenangan Inggris turut diwarnai rekor yang diukir Harry Kane dan Jordan Henderson. Brace atau dua gol ke gawang Ukraina membuat koleksi gol Harry Kane bersama timnas Inggris di turnamen besar (Piala Dunia dan Euro) menjadi 9 gol.

Jumlah itu menyamai koleksi gol legenda timnas Inggris, Alan Shearer. Harry Kane saat ini cuma kalah dari Gary Lineker yang mengoleksi 10 gol di turnamen besar. Adapun bagi Jordan Henderson, ini merupakan gol perdananya setelah 62 penampilannya bersama timnas Inggris.

Berkat kemenangan ini, timnas Inggris sukses melaju ke babak empat besar atau semifinal Euro 2020. Mereka sudah ditunggu Denmark yang lebih dulu lolos seusai menyingkirkan Ceko dengan kemenangan tipis 2-1.

Jalannya Pertandingan

Inggris memulai laga dengan cara yang sangat bagus. Laga baru berjalan empat menit, Harry Kane sudah membawa Inggris unggul. Kane mencetak gol usai menerima umpan Raheem Sterling. Inggris unggul 1-0 atas Ukraina.

Respon positif diberikan Ukraina. Namun, peluang Roman Yaremchuk pada menit ke-6 masih bisa diblok John Stones. Sedangkan, pada menit ke-17, peluang kedua Yaremchuk bisa digagalkan Jordan Pickford.

Kane kembali punya peluang pada menit ke-29. Kali ini menerima umpan set piece Luka Shaw. Akan tetapi sundulan Kane melambung di atas gawang. Harry Kane masih kurang beruntung untuk kali ini.

Peluang emas didapat Inggris pada menit ke-33. Sterling melakukan aksi dribel luar biasa. Umpan Sterling gagal dihalau dengan sempurna. Declan Rice menyambut bola dengan sepakan keras. Tapi, masih diblok kiper Georgi Bushchan.

Oleksandr Zinchenko menebar teror bagi Inggris pada menit ke-44. Hanya saja, sepakannya belum tepat sasaran. Inggris tetap unggul 1-0 hingga babak pertama usai.

Seperti babak pertama, Inggris memulai babak kedua dengan sempurna. Pada menit ke-46, Inggris mencetak gol lewat aksi Harry Maguire yang menerima umpan tendangan bebas Luke Shaw. Inggris unggul 2-0.

Keunggulan dua gol Inggris tidak bertahan lama. Sebab, empat menit berselang, Inggris mencetak gol ketiga. Luke Shaw kembali membuat assist. Kali ini untuk gol kedua Harry Kane.

Inggris unggul 3-0 dan satu kaki mereka sudah ada di semifinal. Akan tetapi skor tersebut tidak membuat Inggris berpuas diri. Serangan demi serangan terus dilancarkan. Akan tetapi Ukraina tidak mau menyerahkan gawangnya begitu saja.

Kane! Nyaris hattrick. Tendangan keras Kane bisa digagalkan kiper. Namun, momen ini menghasilkan sepak sudut dan Jordan Henderson berhasil mencetak gol melalui umpan Mason Mount. Inggris unggul empat gol.

Baca Juga : Hasil Pertandingan EURO 2020 Denmark vs Republik Ceko : Tim Dinamit Injakkan Kakinya di Semifinal

Ukraina belum menyerah. Pada menit ke-75, Makarenko melepas tendangan jarak jauh. Jordan Picford masih cukup sigap untuk menjaga gawangnya yang belum pernah kebobolan di Euro 2020.

Tidak ada gol tambahan hingga laga usai. Inggris menang dengan skor 4-0. Kemenangan dengan skor telak tersebut menjadikan jawaban atas kritik bagi timnas Inggris yang dinilai bagus dalam bertahan saja akan tetapi soal penyerangan sangat mengecewakan.

Dan dengan skor tersebut, Inggris semakin percaya diri untuk melaju ke Final karena hanya akan berhadapan dengan Denmark di semifinal nantinya. Laga yang akan dimainkan di Wembley tentu saja menjadi ajang pembuktian bagi supporter timnas Inggris.

Bermain di depan publik sendiri tentu akan menjadi modal yang berharga bagi timnas Inggris untuk menjawab kepercayaan penontonnya. Apakah Inggris akan menjadi juara EURO 2020 tahun ini? Kita ikuti saja perkembangannya.

Susunan Pemain Inggris vs Ukraina

Ukraina (3-5-2): Georgi Bushchan; Illia Zabarnyi, Sergey Krivtsov [36′ Tsygankov], Mykola Matvyenko; Oleksandr Karavaev, Serhiy Sydorchuk [65′ Makarenko], Mykola Shaparenko, Oleksandr Zinchenko, Vitalii Mykolenko; Andriy Yarmolenko, Roman Yaremchuk.

Inggris (4-2-3-1): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire, Luke Shaw [66′ Trippier]; Declan Rice [57′ Henderson], Kalvin Phillips [66′ Bellingham]; Jadon Sancho, Mason Mount, Raheem Sterling [66′ Rashford]; Harry Kane [73′ Calvert-Lewin].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *