fbpx

Hasil Pertandingan Portugal Vs Turkey : Portugal Melaju Ke Final Playoff Piala Dunia 2022

BERITA BOLA Portugal bermain tanpa beban berhasil meraih kemenangan pada saat melawan Turki dengan skor meyakinkan 3-1 dalam semifinal playoff kualifikasi Piala Dunia 2022. Bermain di Estadio do Dragao, Jumat 25 Maret 2022 dini hari WIB.

Portugal yang menjadi tuan rumah pada awalnya dibuat kesulitan oleh Tim Nasional Turki. Namun Cristiano Ronaldo dkk dapat mengatasinya dan langsung mengembangkan permainan dengan baik. Portugal mencetakan tiga gol yang masing-masing di cetak oleh Otávio (15′), Diogo Jota (42′), dan Matheus Nunes (90+4′). Sementara gol Turki di sumbangkan oleh Burak Yilmaz pada menit ke-65. Berkat hasil kemenangan ini Portugal akan melawan Makedonia Utara di final playoff untuk memperebutkan satu tiket ke Piala Dunia 2022.

Jalannya Pertandingan Portugal Vs Turki.

Pada menit awal Portugal langsung mencoba untuk menekan pertahanan Turki. Mereka mendapat kesempatan lewat sisi kanan João Cancelo yang memberikan umpan datar kepada Cristiano Ronaldo yang berdiri bebas di dalam kotak penalti dan menyambut umpan tersebut dengan tendangan kaki kanannya. Sayang tendangannya tersebut masih melambung tinggi di atas gawang.

Di menit ke-11, Portugal memiliki peluang melalui skema tendangan bebas yang di ambil oleh Bruno Fernandes dan berhasil di sambar dengan sontekan kaki Diogo Jota. Namun sontekannya tersebut masih melambung di atas gawang Turki.

Portugal yang terus menekan pertahanan Turki mendapatkan peluang lagi lewat bintang mereka yaitu Ronaldo. Ia melesatkan tendangan dari luar kotak penalti dengan kaki kirinya. Akan tetapi tendangannya masih mengarah kepada Uğurcan Çakır dan dengan mudah untuk diamankan.

Portugal akhirnya baru benar-benar membuka keunggulan mereka pada menit ke-15 lewat gol yang di ciptakan oleh Otavio. Benardo Silva melesatkan tendangan dari luar kotak penalti dengan kaki kanannya, namun tendangannya masih mengenai tiang. Kemudian Otavio yang mendapatkan bola muntahan tersebut sukses menyambarnya dan membuat skor menjadi 1-0.

Turki baru bisa mengancam gawang Portugal pada saat memasuki menit ke-20, lewat tendangan yang di lakukan Orkun Kökçü, beruntung Diogo Costa masih dapat menepisnya dan tandukan Berkan Kutlu yang masih melebar dari sisi gawang Portugal.

Di akhir waktu babak pertama Portugal menggandakan keunggulan mereka tepatnya pada menit ke-42. Diogo Jota yang berhasil menyempurnakan umpan lambung yang baik dari Otavio dengan sundulannya yang bersarang ke dalam gawang Turki. Skor pun menjadi 2-0. Hingga pertandingan babak pertama berakhir tidak ada gol tambahan yang terjadi.

Memasuki babak kedua, Portugal masih menguasai jalannya pertandingan. Mereka masih percaya diri berkat dua gol yang sudah di ciptakan sebelumnya di babak pertama. Sedangakan Turki lebih menunggu untuk memberikan serangan balik.

Akhirnya di menit ke-65 Turki memperkecil ketertinggalan mereka lewat gol yang di ciptakan oleh Burak Yilmaz. Ia menerima umpan terbosan dari Cengiz Ünder dan berhasil menyelesaikannya dengan baik. Skor pun berubah menjadi 2-1.

Setelah Turki mencetak gol, Portugal mengganti pemain mereka untuk mendapatkan pemain yang lebih segar. Namun Portugal malah mendapatkan petaka, pasalnya pada menit ke-85 Turki di hadiahi sebuah penalti setelah Enes Ünal di langgar di dalam kotak penalti. Burak Yilmaz yang di percaya untuk menjadi algojo penalti tersebut gagal memanfaatkannya.

Di masa perpanjangan waktu babak kedua 90+4, Portugal memperjauh keunggulan mereka melalui Matheus Nunes yang sukses menyelesaiakan asist dari Rafael Leão dengan tendangan kaki kirinya. Gol ini sekaligus menutup pertandingan dengan skor 3-1 untuk kemenangan Portugal.

Susunan Pemain Portugal Vs Turki

Portugal (4-4-2): Diogo Costa; Diogo Dalot, Danilo Pereira, Jose Fonte, Raphael Guerreiro (88′ Nuno Mendes); Bernardo Silva, Joao Moutinho (88′ Matheus Luiz), Bruno Fernandes (81′ William Carvalho), Otavio (88′ Rafael Leao); Diogo Jota (71′ Joao Felix), Cristiano Ronaldo.

Pelatih: Fernando Santos

Turki (3-5-2): Ugurcan Cakir; Ozan Kabak, Merih Demiral, Caglar Soyuncu; Mehmet Zeki Celik (80′ Yusuf Yazici), Berkan Kutlu, Orkun Kokcu (80′ Dorukhan Tokoz), Hakan Calhanoglu, Muhammed Kerem Akturkoglu (66′ Enes Unal); Cengiz Under, Burak Yilmaz.

Pelatih: Stefan Kuntz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *