fbpx

Hasil Semifinal EURO 2020 : Gli Azzurri dan The Three Lions Bertemu di Final

Berita Bola – Usai Gli Azzurri menaklukkan Spanyol lewat drama adu penalti pada Rabu (7/2/2021), giliran Inggris yang menjinakkan Denmark 2-1 melalui perpanjangan waktu pada Kamis (8/7) di Stadion Wembley, London.

Jadwal final EURO 2021 sendiri akan berlangsung pada Senin (12/7/2021) dini hari pukul 02.00 WIB tetap Stadion Wembley. Italia akan mengincar trofi Piala Eropa kedua mereka setelah 1968, sedangkan Inggris bakal mencicipi final EURO pertama mereka sepanjang sejarah The Three Lions.

Dalam laga kontra Denmark di semifinal EURO 2021, gol penentu kemenangan Inggris dicetak oleh Harry Kane pada menit 104. The Three Lions mendapatkan hadiah penalti usai pelanggaran Joakim Maehle kepada Raheem Sterling.

Eksekusi Kane sebenarnya bisa dihalau kiper Denmark, Kasper Schmeichel. Namun, bola muntah disambar oleh sang penyerang Tottenham untuk membuat sejarah baru. Ini adalah final turnamen internasional kedua The Three Lions setelah Piala Dunia 1966, yang kala itu juga digelar di kandang sendiri.

Sepanjang pertandingan lawan Denmark, Inggris mendominasi segalanya. Pasukan Gareth Southgate memiliki penguasaan bola hingga 58,1 persen. The Three Lions juga bisa melepaskan 20 tembakan, 10 di antaranya tepat sasaran. Schmeichel sendiri tercatat melakukan 9 penyelamatan dalam 120 menit.

“Ini performa kelas atas. Ini pertama kalinya kami kebobolan (di EURO 2021), tetapi kami merespons dengan baik dan menunjukkan spirit yang apik. Kami tahu (laga) akan sulit. Kami tetap sabar, dan yakin dengan agresivitas yang ada dalam tim, Inggris akan baik-baik saja,” kata Raheem Sterling dikutip UEFA.

Menghadapi Italia, Inggris punya tantangan besar yang menghadang. Dalam 6 pertemuan kompetitif pemungkas, The Three Lions tidak pernah mengalahkan Gli Azzuri. Terakhir kali Inggris menaklukkan Italia terjadi pada kualifikasi Piala Dunia 1978 dengan skor 2-0 lewat gol Kevin Keegan dan Trevor Brooking.

Hasil Lengkap Semifinal EURO 2021

Rabu (7/7/2021)

Italia vs Spanyol 1-1 (4-2 adu penalti) Pencetak Gol: Federico Chiesa 60’/ Alvaro Morata 80′

Kamis (8/7/2021)

Inggris vs Denmark 2-1 Pencetak Gol: Simon Kjaer 39′ b.d, Harry Kane 104’/ Mikkel Damsgaard 30′

Daftar Top Skor EURO 2021 Terbaru

Cristiano Ronaldo (Portugal) masih di puncak daftar pencetak gol terbanyak EURO 2021 dengan 5 gol. Ia diikuti oleh Patrik Schick (Ceko) yang sama-sama menjebol gawang lawan 5 kali. Bedanya, CR7 sudah mencetak 1 assist sedangkan Schick tidak.

Tepat di bawah mereka, ada Harry Kane (Inggris) yang dengan gol ke gawang Denmark total sudah membukukan 4 gol. Kane menjadi pemain yang paling berpeluang untuk menyalip Ronaldo karena masih menyisakan satu pertandingan lagi, yaitu laga final EURO 2021.

Selain Kane, pemain yang berpotensi untuk meraih Sepatu Emas Piala Eropa tahun ini adalah Raheem Sterling (Inggris) dengan 3 gol, juga Federico Chiesa, Ciro Immobile, Lorenzo Insigne, Manuel Locatelli, hingga Matteo Pessina (Italia).

Namun, para penggawa Gli Azzurri bakal cukup kesulitan untuk menjadi top skor karena butuh 4 gol dalam laga puncak kontra Inggris. Hal lain yang cukup mencolok di EURO 2021 adalah jumlah gol bunuh diri.

Sejauh ini sudah ada total 11 gol bunuh diri, termasuk yang dilakukan Simon Kjaer saat lawan Inggris. Sebelum dia, sudah ada Lucas Hradecky (Finlandia, lawan Belgia), Mats Hummels (Jerman, lawan Perancis), Wojciech Szczęsny (Polandia, lawan Slovakia).

Selain itu, gol bunuh diri juga dilakukan oleh Rúben Dias dan Raphael Guerreior (keduanya Portugal lawan Jerman), Martin Dubravka dan Juraj Kucka (keduanya Slovakia, lawan Spanyol), juga Pedri (Spanyol, lawan Kroasia). Masih ada Denis Zakaria (Swiss, lawan Spanyol), hingga yang pertama Merih Demiral (Turki, lawan Italia).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *