fbpx

Italia vs Austria EURO 2020 : Gli Azzurri Perpanjang Rekor Walaupun Berjuang Ekstra

Berita BolaItalia berhasil memastikan diri lolos ke perempat final Euro 2020. Setelah mereka mengalahkan Austria di 16 besar Euro 2020 dengan skor 2-1. Italia sempat ditahan imbang 0-0 oleh Austria hingga waktu normal berakhir.

Namun di babak tambahan waktu Federico Chiesa dan Matteo Pessina sukses mencetak gol. Namun Austria berhasil memperkecil ketertinggalan berkat gol Sasa Kalajdzic. Pertandingan yang

digelar di Wembley itu berjalan dengan sengit. Italia selaku tim unggulan mencoba untuk mengambil inisiatif serangan sejak awal laga.Namun di laga ini, Austria bermain dengan sangat disiplin. Mereka bertahan sebagai sebuah unit dan disiplin sepanjang laga. Italia mendapat tekanan yang cukup intens dari Austria pada 10 menit pertama.

Meski demikian, Italia lebih mengancam lewat serangan balik cepat. Pada menit ke-11, La Nazionale memperoleh peluang pertama melalui sepakan kaki kiri Leonardo Spinazzola dari kotak penalti lawan yang masih melebar.

Italia kembali punya kesempatan mencetak gol tiga menit berselang peluang Spinazzola, kali ini melalui Lorenzo Insigne. Insigne berdiri bebas di kotak 16 Austria dan melepaskan sepakan kaki kanan akurat. Sayangnya, bola sepakan winger Napoli itu masih bisa ditangkap Daniel Bachmann.

Memasuki 15 menit, timnas Italia mulai mendapat ritme. Mereka menguasai bola dan semakin rajin menekan lawan. Peluang berbahaya pertama Italia lahir di menit 17 melalui tembakan Nicolo Barella, namun Bachmann berhasil menggagalkan peluang itu dengan kakinya.

Austria bukannya tanpa perlawanan terhadap Italia. Sesekali mereka memanfaatkan serangan balik namun mereka juga sulit untuk menciptakan peluang yang berbahaya. Sementara itu, Austria yang mengandalkan serangan balik mendapat peluang terbaik pada menit ke-18 lewat Marko Arnautovic.

Arnautovic melihat kiper Italia Gianluigi Donnarumma maju dari sarangnya. Sejurus kemudian, dia melepas sepakan dari luar kotak penalti. Sayangnya, bola kiriman Arnautovic malah melambung jauh dari gawang Italia.

Pada menit ke-32, Italia hampir saja membuka keunggulan, tetapi akhirnya gagal setelah tendangan kaki kanan jarak jauh Ciro Immobile membentur tiang gawang. Italia terus menekan. Dua tiga menit menjelang turun minum, mereka memperoleh peluang melalui sepakan mendatar Spinazzola.

Namun, lagi-lagi peluang itu bisa digagalkan kiper Austria Daniel Bachmann dan hanya menghasilkan sepak pojok. Skor 0-0 akhirnya menutup jalannya babak pertama duel Italia vs Austria.

Baca Juga : Pemain Bintang yang Meredup di Fase Group EURO 2020

Peluang terbaik Italia di babak pertama lahir di menit 32. Immobile melepaskan tembakan lop saat Bachmann sudah mati langkah, namun tidak beruntung tembakannya mengenai tiang gawang. Jual beli serangan terus berlanjut, namun skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Italia memulainya dengan gugup. Kesalahan Lenoardo Bonucci pada menit ke-48 nyaris saja membawa petaka. Bonucci tak sempurna dalam melalukan kontrol bola di sisi kanan pertahanan.

Akibatnya, Marko Arnautovic yang berada di dekat Bonucci, berhasil mencuri bola. Arnautovic kemudian merangsek ke kotak penalti, melalukan beberapa gerak tipu, sebelum melepas sepakan kaki kanan. Beruntung bagi Italia, Arnautovic tak sempurna saat melakukantendangan, sehingga bola malah menjauh daru gawang Donnarumma.

Beberapa menit berselang, lini pertahanan Italia kembali melakukan kecerobohan, kali ini giliran Giovanni Di Lorenzo. Bek kanan Napoli itu melanggar pemain Austria tepat di depan kotak penalti yang berakibat tendangan bebas untuk lawan.

Untungnya, tendangan bebas yang dilancarkan David Alaba pada menit ke-52 melambung di atas gawang Donnarumma. Setelah mendapat tekanan terus menerus, Italia akhirnya kebobolan juga.

Pada menit ke-65, gawang Donnarumma dijebol Marko Arnautovic. Arnautovic menanduk bola ke gawang Italia setelah mendapat umpan sundulan David Alaba. Namun, gol Arnautovic akhirnya dianulir oleh wasit Anthony Taylor setelah meninjau VAR (Video Assistant Referee).

Dalam tayangan ulang, Arnautovic terlihat jelas berdiri dalam posisi offside kala menerima umpan dari Alaba. Pada menit ke-73, Italia mendapat peluang lewat Lorenzo Insigne yang berhasil lolos dari jebakan offside.

Insigne melakukan penetrasi ke kotak penalti sebelum melepas sepakan kaki kanan melengkung. Sayangnya, bola masih melebar. Kedua kesebelasan akhirnya tak mampu mencetak skor hingga 90 menit.

Laga Italia vs Austria pun berlanjut ke extra time. Pada masa babak tambahan waktu, Italia mengambil inisiatif serangan lebih dulu dan asilnya langsung terlihat. Mereka memecah kebuntuan pada menit ke-94 lewat Federico Chiesa.

Setelah mendapat umpan lambung dari Spinazzola, Chiesa yang berdiri bebas di kotak penalti lawan melakukan sedikit kontrol sebelum menyepak bola ke gawang Austria dengan kaki kirinya. Gol Chiesa membuat Italia bisa melepas ketegangan.

Mereka pun bisa menggandakan keungulan pada menit ke-105 lewat sepakan kaki kiri jarak dekat Matteo Pessina. Pessina menyepak bola ke gawang Austria setelah memanfaatkan umpan mendatar Francesco Acerbi di kotak penalti lawan.

Pada babak kedua extra time, Italia harus kebobolan oleh gol Austria yang dicetak Sasa Kalajdzic. Kalajdzic mengonversi umpan sepak pojok Louis Schaub menjadi gol dengan tandukannya.

Untungnya, Italia mampu bertahan dengan baik di sisa waktu, hingga skor 2-1 untuk keunggulan mereka bertahan sampai laga berakhir. Itala pun lolos ke perempat final Euro 2020. Mereka tinggal menunggu pemenang duel Belgia vs Portugal.

Dengan ini Italia memperpanjang rekor tidak terkelahakannya dalam perhelatan pertandingan resmi. Dan juga membuat Italia menemani Denmark yang telah lolos dahulu ke babak 16 besar setelah mengalahkan Wales dengan skor mencolok 4-0.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *