fbpx

Semifinal EURO 2020 : Fakta dan Statistik Inggris vs Denmark

Berita BolaInggris menjadi negara terakhir yang memastikan tempat di babak empat besar Piala Eropa 2020 atau semifinal Euro 2020. Keberhasilan itu diraih Inggris seusai mengalahkan Ukraina pada perempat final Euro 2020 yang berlangsung pada Minggu (4/7/2021) dini hari WIB.

Laga Ukraina vs Inggris yang digelar di Stadion Olimpico, Roma, Italia, itu berakhir dengan kemenangan 4-0 untuk skuad The Three Lions. Gol-gol kemenangan timnas Inggris dicetak Harry Kane (4′, 50′), Harry Maguire (46′), dan Jordan Henderson (63′).

Pada semifinal Euro 2020, Inggris akan berhadapan dengan Denmark yang lebih dulu lolos setelah membungkam Ceko. Adapun dua negara lainnya yang juga memastikan tempat pada babak empat besar adalah Italia dan Spanyol.

Berikut Fakta dan Statistik kedua tim

Denmark

Di Grup B, Denmark kalah 0-1 dari tim debutan Finlandia, kalah 1-2 dari Belgia, dan menang 4-1 atas Rusia. Denmark lolos sebagai runner-up di belakang Belgia.

Denmark menjadi tim pertama sepanjang sejarah Euro yang lolos ke fase knockout meski kalah dalam 2 laga pertamanya di fase grup.

Yussuf Poulsen mencetak 2 gol untuk Denmark di fase grup Euro 2020, sedangkan Andreas Christensen, Joakim Maehle, dan Mikkel Damsgaard masing-masing mencetak 1 gol. Sementara itu, Pierre-Emile Hojbjerg menyumbang 3 assist.

Di babak 16 besar, Denmark menghajar Wales 4-0 lewat gol-gol Kasper Dolberg (2), Joakim Maehle, dan Martin Braithwaite. Mikkel Damsgaard, Mathias Jensen, dan Andreas Cornelius masing-masing menyumbang 1 assist di laga tersebut.

Denmark cuma menang 5 kali dalam 15 laga terakhirnya di putaran final Euro (M5 S2 K8) sedangkan Denmark menang 12 kali dalam 16 laga terakhirnya (M12 S1 K3) dan juga Denmark cuma kalah 4 kali dalam 32 laga terakhirnya (M19 S9 K4).

Inggris

Inggris lolos sebagai juara Grup D usai menang 1-0 atas Kroasia, imbang 0-0 dengan Skotlandia, dan menang 1-0 atas Republik Ceko.

Di babak 16 besar, Inggris mengalahkan Jerman 2-0 lewat gol-gol Raheem Sterling menit 75 dan Harry Kane menit 86. Sedangkan di perempatfinal dapat mengalahkan Ukraina 4-0.

Dari 4 gol Inggris di Euro 2020 sejauh ini, 3 gol dicetak oleh Raheem Sterling dan Harry Kane, sedangkan 1 gol lainnya diciptakan oleh Jordan Henderson.

Inggris menang 9 kali dan cuma kalah 1 kali dalam 16 laga terakhirnya di putaran final Euro (M9 S6 K1). Inggris masih clean sheet (tak kebobolan) di Euro 2020.

Pertandingan-pertandingan Inggris di fase grup (3) dan babak 16 besar kontra Jerman semuanya dimainkan di Wembley, London. Laga kontra Ukraina di Olimpico akan menjadi laga Euro 2020 pertama mereka di luar Inggris.

Inggris selalu clean sheet (tak kebobolan) dalam 8 laga terakhirnya.

Inggris memenangi 10 dari 11 laga terakhirnya (M10 S1 K0), mencetak total 23 gol, mencatatkan 10 clean sheet, dan cuma kebobolan total 1 gol.

5 Fakta Menarik tentang Inggris

  1. Clean sheet

Kemenangan 4-0 atas Ukraina sekaligus membuat Inggris berhasil memperpanjang clean sheet mereka pada Euro 2020. Timnas Inggris menjadi satu-satunya negara yang belum pernah kebobolan di kompetisi ini sejak babak penyisihan grup dengan rincian lima clean sheet. Pada Euro 2020 sejauh ini, Inggris telah mengemas delapan gol dan nol kebobolan yang didapat dari laga kontra Kroasia (1-0), Skotlandia (0-0), Ceko (1-0), Jerman (2-0), dan Ukraina (4-0). Inggris juga menjadi negara pertama dalam sejarah Euro yang mengawali kompetisi dengan lima clean sheet beruntun.

  1. Kane samai Penyerang Legendaris Inggris

Harry Kane sudah mengemas sembilan gol untuk Inggris di turnamen besar (Piala Dunia dan Euro). Jumlah tersebut membuatnya menyamai koleksi gol milik legenda timnas Inggris, yakni Alan Shearer. Harry Kane kini cuma tertinggal satu gol dari Gary Lineker yang mengoleksi 10 gol di turnamen besar.

  1. Gol Perdana Henderson

Jordan Henderson mencetak gol keempat dalam kemenangan 4-0 Inggris atas Ukraina. Itu merupakan gol perdana Jordan Henderson untuk timnas Inggris dari 62 penampilannya bersama The Three Lions.

  1. Ulangi Momentum Kesuksesan Piala Dunia 1966

Ini merupakan kali kedua Inggris berhasil mencetak empat gol di fase gugur turnamen besar. Sebelumnya, pencapaian itu pernah diraih Inggris saat mengalahkan Jerman Barat 4-2 di final Piala Dunia 1966.

  1. Semifinal Beruntun

Ini menjadi partai semifinal kedua Inggris secara beruntun di bawah arahan pelatih Gareth Southgate. Pasukan The Three Lions juga lolos ke semifinal Piala Dunia 2018.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *